Comments

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

tempat liburan yang hitz

Negara Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang berada di kawasan Asia Tenggara pulau-pulau Indonesia membentang dari barat ke timu...

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pengikut

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Artikel Terbaru

Join Us

Translate

Popular Posts

BTemplates.com

Halaman

Selasa, 20 September 2016

Tag:

WISATA UMBUL DI KLATEN

Sebenarnya ada puluhan tempat wisata air di Klaten. Namun, kali ini saya akan membagikan 6 lokasi pilihan yang di antaranya masih ramah keluarga, seru, dan menantang.
Cokro Tulung
Obyek wisata air seluas 10 hektar ini sebenarnya bernama Objek Wisata Mata Air Cakra (OMAC). Namun, lebih terkenal dengan sebutan Cokro Tulung karena letaknya di Desa Cokro, Kecamatan, Tulung, Klaten. Istimewanya adalah air di tempat wisata ini jernih dan segar karena langsung dari mata air Cakra. Tak hanya itu, tempat wisata di sini juga menyuguhkan wahana lainnya, seperti waterboom, kolam arus, kolam slinder, jembatan goyang, dan flying fox.
Cokro Tulung, Klaten.
Cokro Tulung, Klaten.
Banyaknya pepohonan besar di sini, menjadikan obyek wisata air Cokro Tulung menjadi alternatif tempat wisata yang ramah lingkungan selain juga memberi kesejukan udara.
Untuk berkunjung ke tempat wisata ini, Klikers dikenai biaya retribusi hanyna sebesar Rp 10.500 per orang.  Letak tempat wisata ini lebih dekat jika ditempuh Klikers yang berangkat dari Solo menuju Jogja, yakni di simpang tiga arah pemancingan Janti, sebelum pertigaan Pakis, Delanggu.

Umbul Jalatunda
Mau berenang di kolam pemandian yang luas ditemani ikan-ikan kecil? Ya, Umbul Jalatunda inilah pilihannya. Konon tempat ini dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada 1924 sehingga belum banyak mengalami perubahan, yakni terdapat beberapa kolam dengan kedalaman yang berbeda-beda dan masing-masing kolam dipisahkan dengan dinding batu.
Umbul Jalatunda, Klaten
Umbul Jalatunda, Klaten
Kolam pemandian ini terletak di Kecamatan Jatinom, tepatnya di 10 kilometer utara Kota Klaten. Klikers bisa menikmati kesegaran air yang terus mengalir dengan tiket retribusi senilai Rp 3.000,-  Murah kan?

Umbul Ponggok
Anda ingin berlatih menyelam sebelum benar-benar menyelam di laut? Tempat wisata air di Klaten inilah salah satu pilihannya. Kolam alami dengan kedalaman antara satu hingga tiga meter ini kerap dikunjungi oleh wisatawan yang melakukan snorkeling dan foto-foto bawah air. Maka sangat sayang jika Klikers tidak mendokumentasikannya melalui foto. Pasalnya, ada pemandangan bawah air berupa bebatuan alami yang berpadu dengan warna-warni dari berbagai jenis ikan.
Umbul Ponggok, Klaten.
Umbul Ponggok, Klaten.
Klikers yang enggan repot-repot membawa peralatan snorkeling tak perlu khawatir karena di sini juga menyewakan peralatan snorkeling.
Umbul Pongok berada di Desa Ponggol, Kecamatan Polanharjo. Juga lebih mudah dijangkau dari Solo maupun Salatiga. Untuk bisa masuk ke umbul Ponggok wisatawan cukup membayar Rp 5.000,- saja.

River Boarding di Kali Pusur
Anda suka river boarding? Tempat wisata air yang satu ini boleh dicoba, yakni River Boarding Kali Pusur. Di sungai ini, Klikers bakal melintasi tiga desa di Kecamatan Tulung dan Polanharjo, Klaten sejauh 10 kilometer.
Klikers bakal merasakan sensasi mengarungi sungai dengan arus sungai yang bervariasi, ada kalanya deras, jeram dan pelan. Tapi jangan khawatir, setiap pengarungan boarding bakal didampingi dua orang operator.
Kali Pusur Klaten.
Kali Pusur Klaten.
Untuk bisa menikmati keseruan river boarding ini, Klikers perlu menyediakan uang Rp 150.000/ orang. Tempat wisata ini letaknya tak jauh dari wisata air Cokro Tulung.

Umbul Kapilaler
Umbul Kapilaler adalah tempat pemandian putri yang masih digunakan masyarakat setempat untuk mandi. Dasar kolam ini masih berupa batu dan tanah.  Umbul ini berada di dekat sumber mata air Si Gedang yang juga dimanfaatkan oleh sebuah perusahaan air minum untuk dikemas menjadi air minum kemasan.
Umbul Kapilaler, Klaten.
Umbul Kapilaler, Klaten.
Umbul Kapilaler ini tidak terlalu besar. Berada di bawah rerimbunan pohon beringin dengan batu-batu besar dipinggirnya. Tempatnya yang rindang membuat wisatawan betah untuk berlama-lama di tempat ini. Tidak dipungut biaya khusus untuk menikmati umbul ini alias gratis.  Hanya saja waktu sore dan pagi hari umbul ini digunakan masyarakat setempat untuk mandi.  Umbul ini berada di Dukuh Umbulsari, Ponggok, Polanharjo.

Lepen Kencono
Lepen Kencana Klaten
Lepen Kencana Klaten
Obyek wisata ini boleh dibilang ramah keluarga dan anak-anak, yakni Lepen Kencono. Kabar terbaru malahan, Klikers tidak dipungut biaya sepeser pun alias cuma-cuma. Selain airnya yang jernih, ada beberapa jenis permainan di Lepen Kencono, sebut saja slider, jembatan goyang, dantubbing anak.

About Unknown

Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.

0 komentar:

Posting Komentar

 

About Me

Diane Cooper

New York based interior designer & Lifestyle Guide Editor. Marfa tou leggings viral jack. Flannel flexitarian bespoke moon squid.
So glad you stopped by!